Press Release : Audiensi Deputi BKKBN bersama Uskup Agung Kupang

Kupang_Deputi Bidang KBKR BKKBN bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Timur, melakukan audiensi dengan Uskup agung kupang Mgr. Petrus Turang. Bertempat di keuskupan Agung Kupang (17/11), Deputi KBKR beserta rombongan di terima langsung oleh Uskup Agung Kupang. Di awal audiensi, Kepala Perwakilan BKKBN NTT menyampaikan beberapa permasalahan yang sekarang melanda NTT antara lain : Kemiskinan, Stunting, gizi buruk, dan AKI/AKB yang masih tinggi. Marianus mengatakan Keluarga adalah titik sentral pembangunan karena semua persoalan ini berasal dari keluarga. maka dari itu, keluargalah yang harus kita bangun dengan baik. “kami berharap kerjasama yang baik antara BKKBN dan Mitra kerja dalam hal ini tokoh agama, untuk bersama-sama dan bekerja bersama dalam menangani persoalan/permasalahan yang ada di NTT” tambah Marianus.
Deputi Bidang KBKR dr. Eni Gustina menyampaikan bahwa BKKBN selain pembangunan keluarga dan mengatur keseimbangan pertumbuhan penduduk, BKKBN juga diberi tugas untuk menjadi koordinator percepatan penanganan stunting sesuai Peraturan Presiden RI nomor 72 tahun 2021. Untuk itu BKKBN berharap kerja sama yang baik dengan para mitra kerja agar stunting dapat dikendalikan. Selain itu, Deputi juga menyampaikan program baru untuk para calon pengantin yang di sebut dengan istilah ELSIMIL (Elektronik Siap Nikah dan Hamil) dimana BKKBN bekerja sama dengan tokoh agama memberikan penyuluhan bagi para calon pengantin untuk mendeteksi dini kemungkinan penyakit yang ada seperti anemia, kanker Rahim dan lainya sehingga para calon pengantin setelah menikah dapat merencanakan dengan baik kehamilan untuk menghindari bayi lahir stunting dan juga permasalahan lainnya. “Kami berupaya untuk menyiapkan alat kontrasepsi yang nyaman dan gratis bagi para Pasangan usia subur yang ingin menunda kehamilan. Mohon kami juga di bantu agar bersama-sama berkomitmen untuk menurunkan stunting dan permasalahan lain yg ada di NTT”,pungkas Eni.
Uskup Agungn Kupang Mgr. Petrus Turang, menyambut baik kehadiran Deputi KBKR bersama rombongan. beliau mengatakan bahwa selama ini BKKBN sudah bekerja sama dengan gereja katolik khususnya pada bagian komisi keluarga. terkait dengan program ELSIMIL, gereja katolik selama ini selalu melakukan kursus perkawinan bagi para calon pengantin. Saya minta kepada BKKBN agar kedepan bisa terlibat aktif untuk dapat memberikan penyuluhan kepada para calon pengantin melalui kegiatan kursus perkawinan ini. Kita dari pemerintahan harus memberikan penyuluhan yang baik kepada masyarakat, agar mereka paham,”tambah beliau.
Diakhir audensi, Deputi KBKR menyampaikan ucapan terima kasih kepada Uskup Agung Kupang yang sudah meluangkan waktu menerima rombongan BKKBN. Turut hadir pada saat audiensi, Koordinator bidang KS, Koordinator bidang KB, Kepala KBKS Kota Kupang. *Humas/Alf