PK 2021: DARI KITA OLEH KITA UNTUK KITA

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Timor Tengah Utara, Frans Xaverius Tas’au, SKM, M.Kes berharap menyongsong Pendataan Keluarga 2021 (PK 2021) semua lini lapangan harus secara maksimal mempersiapkan diri untuk mendukung pelaksanaan PK 2021, mulai dari kader pendata sampai dengan tingkat kabupaten, maupun provinsi dan tingkat pusat sebagai muara akhir manajemen data hasil PK 2021. Hal ini disampaikan Frans pada saat membuka kegiatan Ujicoba Pendataan dan Pengelolaan Data PK 2021 bertempat di Ruang Rapat Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan KB pada Selasa, 24 November 2020.

Selain itu, menurut Frans pemanfaatan data dan informasi hasil PK 2021 dapat dipakai untuk kepentingan program Banggakencana, mulai dari tingkat keluarga sampai dengan kebijakan di tingkat kabupaten, karena kita yang mendata, kita yang mengolah dan kita juga yang memanfaatkannya nanti, tambah Frans.

Dalam diskusi lanjutan bersama perangkat Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Timor Tengah Utara diperoleh beberapa catatan dari beberapa peserta diantaranya metode pencatatan menggunakan smartphone lebih mudah dibandingkan formulir, termasuk proses validasi nanti. Selain itu, penggunaan smartphone terasa agak sulit untuk tahap awal ujicoba seperti ini, tetapi jika dilakukan simulasi dan pelatihan terus menerus ternyata jauh lebih mudah dan lebih praktis dibandingkan formulir, tegas salah satu peserta.Mengenai fasilitas kader pendata yang menggunakan smartphone mungkin perlu diperhatikan terkait spesifikasi atau kemampuan perangkat smartphone kader pendata, tambah salah satu peserta kegiatan.

Kegiatan Ujicoba Pendataan dan Pengelolaan Data PK 2021 di Kabupaten Tengah Timor Utara, Kecamatan Miomafo Barat pada 25-26 November 2020 bertempat di Desa Lemon dilakukan dengan metode smartphone dan Desa Noeltoko dengan metode formulir. Kegiatan ujicoba pendataan dan pengolahan data PK2021 ini melibatkan sepuluh orang tenaga kader pendata dari dua desa tersebut, Penyuluh KB dan perangkat Dinas P2KB Kabupaten TTU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *