Depan > Index Berita > KIPRAH MITRA DALAM MENDUKUNG PROGRAM KKBPK DI KABUPATEN BELU
KIPRAH MITRA DALAM MENDUKUNG PROGRAM KKBPK DI KABUPATEN BELU
Senin, 6 Maret 2017

​TOT Peer Educator Kespro, HIV dan AIDS bagi remaja, kerjasama LPPA sebagai mitra Child Fun dengan BKKBN Provinsi NTT.

Kupang - Masa remaja merupakan salah satu masa yang sangat penting dalam siklus hidup manusia dimana terjadi perubahan yang sangat dramatis baik perubahan fisik, seksual, psikologis, maupun mental. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Belu, Imelda H. Lotuk, S.Sos dalam acara pembukaan kegiatan pelatihan (TOT) bagi Pendidik sebaya kerjasama LPPA sebagai mitra Child Fund dengan BKKBN Provinsi NTT bertempat di Hotel Nusantara 2 yang dihadiri pula oleh Ketua LPPA Kabupaten Belu. (27/02/2017).

Secara fisik remaja relatif sehat karena sudah tidak mudah menderita penyakit infeksi seperti masa anak dan belum terlalu berisiko mengalami penyakit degeneratif seperti orang tua. Meskipun demikian, kelompok remaja sangat berisiko mengalami masalah kesehatan yang berhubungan dengan perilaku, seperti masalah seksual, kesehatan reproduksi, merokok, penyalahgunaan obat adiktif, kekerasan, dan kecelakaan. Menurut WHO sepertiga masalah kesehatan pada dewasa berhubungan dengan kondisi atau perilaku yang dialami pada masa remaja. Sekitar 45% kasus baru HIV dialami kelompok usia 15-24 tahun dan setiap tahun sekitar 16 juta remaja putri melahirkan, yang merupakan 11 persen dari total kelahiran. Kehamilan dan persalinan pada remaja akan meningkatkan risiko kesakitan dan kematian, baik pada ibu maupun bayinya. Sekitar 20% remaja akan mengalami masalah mental seperti depresi, gangguan mood, dan subtance abuse. Masalah pada remaja tersebut saling berkaitan satu dengan lainnya, namun demikian sesungguhnya dapat dicegah dan ditangani.

Dalam rangka merespons permasalahan remaja tersebut di atas, LPPA mengembangkan program peer educator untuk memberikan pendampingan kepada teman sebaya mereka agar  memiliki pengetahuan yang memadai untuk membentengi diri dan tidak terlibat dalam pergaulan bebas yang menjerumuskan mereka dalam perilaku seks berisiko. Melalui program ini kelompok pendidik sebaya dapat mempengaruhi sikap dan tindakan teman sebayanya untuk peduli terhadap nasib dan masa depan mereka. Bentuk dukungan yang dilakukan LPPA sebagai mitra dari ChildFund  bekerja sama dengan BKKBN Provinsi NTT, melakukan pelatihan TOT kepada pendidik sebaya dengan menggunakan materi Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja /Mahasiswa. Diharapkan melalui kegiatan ini remaja yang menjadi pendidik sebaya menyadari tentang potensi yang dimiliki untuk menjadi agen perubahan kepada remaja yang lain tentang perilaku sehat dan kepribadian yang kuat.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 27 Februari 2017 s/d 02 Maret 2017, dan diikuti oleh 20 orang peserta yang diambil dari desa/kelurahan terpilih diantaranya Desa Kabuna, Naekasa, Dualaus, Silawan, Kelurahan Fatubenao, Manumutin, Fatukbaot, Manuaman, dengan narasumber/fasilitator dari Perwakilan BKKBN Provinsi NTT (Bidang KSPK dan Widyiswara) serta LPPA Kabupaten Belu.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini diantaranya (1) pendidik sebaya memiliki pemahaman dan mampu berperan aktif untuk menyebarluaskan informasi secara benar tentang kespro, HIV dan AIDS, (2) mampu memimpin kelompok diskusi KESPRO, perencanaan keluarga, HIV dan AIDS di forum anak di desa masing-masing serta (3) Mampu mengembangkan keterampilan yang diperoleh kepada kelompok sebaya dalam menghindari penularan HIV dan AIDS. *Alf

 Salam GenRe !!!!!​